Kamis

Kunci Sukses Menjalankan Usaha Budidaya Ikan


5 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Budidaya Ikan - Sukses dalam budidaya ikan Sebagai seorang pembudidaya ikan, kita harus memiliki banyak cara untuk menuju sukses. Kita bisa menuju puncak sukses dalam budidaya ikan diantaranya dengan memiliki sejumlah pelanggan, prosentase net profit dari pasar kita, periode dalam menjalankan usaha budidaya ikan, jumlah pegawai/karyawan yang kita miliki, serta berbagai kombinasi lainya. Terlepas dari beberapa hal tadi pada umumnya pembudidaya sukses ternyata mereka memiliki 5 elemen kunci dalam menuju sukses seperti dibawah ini.

1. Perencanaan yang Matang dalam memulai budidaya ikan
Dengan memiliki perencanaan matang kita tidak akan terseok-seok dalam budidaya ikan ini. Tanpa adanya rencana dari bisnis budidaya ikan yang akan kita jalankan ini entah kemana nantinya arah tujuan budidaya ikan yang kita jalankan. Kita memiliki peluang kecil untuk mencapai sukses tanpa perencanaan matang, banyaknya pembudidaya ikan baru yang gagal dalam bisinis budidaya ini adalah tidak adanya antisipasi mereka dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah karena memang mereka tidak ada perencanaan sebelumnya.

2. Menetapkan tujuan dari budidaya ikan yang kita jalankan
Selain dengan perencanaan budidaya ikan sepertia di atas, kita juga harus menetapkan tujuan dari budidaya ikan tersebut. Untuk tujuan dari budidaya ikan ini, rekan budidaya bisa menanyakannya sendiri pada diri masing-masing apa sebenarnya tujuan dari budidaya ikan yang kita lakukan, apakah hanya hobi? apakah hanya iseng? atau hobi tapi ingin menghasilkan? atau juga memang ditujukan untuk bisnis. bila rekan budidaya mempunya tujuan ingin sukses, maka rekan harus menetapkan tujuan yang pasti sebelum benar-benar terjun dalam dunia budidaya ikan ini. Tetapi sebenarnya inti dari tujuan yang dapat menjadikan kita sukses dalam budidaya adalah menetapkan dan mengerjakannya dengan selalu mengikuti alur perkembangan budidaya kita dan selalu berharap serta berusaha menjadi lebih baik

3. Adaptasi dengan situasi bisnis budidaya ikan
Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan atau Setiap bisnis apapun jenisnya, kita harus siap menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak ada habisnya dan selalu menjengkelkan. Untuk itu diperlukan kemampuan dan ilmu budidaya ikan yang mapan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan serta rintangan dalam budidaya ikan serta dapat menentukan apakan bisnis kita ini bisa bertahan atau tidak. Banyak para pembudidaya gagal dalam tahap adaptasi ini dikarenakan tidak mampu atau tidak mau beradaptasi pada perubahan setiap detiknya.

4. Inovasi dan kreativitas
Inovasi dan kreativitas ini lebih penting daripada hanya sekedar mampu untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar budidaya ikan, bagi para pembudidaya yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya untuk berinovasi serta peningkatkan hasil budidaya ikan dengan baik, membuat inovasi dan kreatifitas untuk keluar dari persaingan budidaya ikan yang cukup ketat pada saat pelanggan mencari apa yang mereka butuhkan dan pada akhirnya mereka menemukan kita dengan inovasi terbaru dan kreatifitas baik.

5. Pemasaran secara konstan pada bisnis budidaya ikan
Pemasaran ini sebenarnya adalah hal yang paling gampang bila kita sudah siap dengan segala inovasi dan kreatifitas untuk bersaing di pasaran, dengan mengetahui ilmu Marketing maka rekan budidaya tidak lagi akan kesulitan dalam pemasaran hasil budidaya ikan (untuk pemasaran ini nanti akan saya jelaskan lebih mendetail pada postingan selanjutnya) perlu kita ketahui bahwa marketing atau memasarkan hasil budidaya ikan tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan saja namun segala sesuatu yang kita kerjakan serta kita hadapi itu sudah merupakan usaha untuk menjadi marketing.

Lima kunci sukses untuk budidaya ikan diatas wajib kita miliki karena merupakan hal penting untuk meraih sukses dalam budidaya ikan, hal tersebut tentunya harus dibarengi dengan kerja keras, berpikir dan terus belajar untuk mendapatkan keteramilan dalam budidaya ikan ini. Oke semoga bermanfaat bagi rekan suksesbudidaya semua. bila ada rekan yang mau menambahinya silahkan dokotak komentar ya he..he..

http://suksesbudidaya-ikan.blogspot.com/2012/12/kunci-sukses-menjalankan-usaha-budidaya.html

0 komentar:

Posting Komentar