Selasa

Pemerintah Kembangkan Biosekuriti untuk Hasilkan Produk Perikanan Sehat


Biosekuriti merupakan sistem pengelolaan resiko biologi secara komprehensif dan sistematis untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan hewan, tumbuhan dan manusia serta menjaga fungsi dan keberlangsungan ekosistem.

JAKARTA, Jaringnews.com - Era globalisasi saat ini membuat masyarakat makin memperhatikan kesehatan, keamanan pangan dan juga perlindungan lingkungannya.

Apalagi produksi dan perdagangan beragam makanan, tumbuhan dan produk hewani makin massif masuk pasar dalam negeri. Karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mendorong penerapan biosekuriti.

“Penerapan biosekuriti yang efektif dapat mendorong peningkatan serapan pasar dan menarik investor. Hal ini juga akan mendorong pembudidaya untuk menghasilkan produk perikanan yang sehat, aman dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan harga jual,” ungkap Sekretaris Ditjen Perikanan Budidaya KKP  Tri Hariyanto hari ini.
Hariyanto menjelaskan bahwa biosekuriti merupakan sistem pengelolaan resiko biologi secara komprehensif dan sistematis untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan hewan, tumbuhan dan manusia serta menjaga fungsi dan keberlangsungan ekosistem.

Lebih jauh, kata Hariyanto, saat ini bagi pembudidaya yang ingin mengembangkan perikanan budidaya khususnya udang perlu mewaspadai wabah penyakit yang menyerang komoditi ini.

0 komentar:

Posting Komentar