Kamis

Membuat Tepung Ikan Murah dan Berkualitas



       Kebutuhan pakan ternak di Indonesia tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, terlebih makin maraknya perusahaan yang membuat pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan konsumen.Yang cukup mencolok adalah kebutuhan tepung ikan (fish meal) yang tiap tahunnya tidak kurang dari 150.000 ton dan tidak kurang dari 70% pula kebutuhan akan tepung ikan tersebut di impor dari luar terutama dari negara seperti Peru.

       Jumlah produsen tepung ikan di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak namun yang jadi kendala adalah kualitas tepung ikan yang di buat terkadang tidak cukup berkualitas sehingga kebutuhan tepung ikan yang notabene nya adalah sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak lebih di pilih dari luar negara dikarenakan kualitas yang lebih bermutu meski harganya lebih mahal.
      
      Sebenarnya ada beberapa langkah untuk membuat tepung ikan menjadi lebih berkualitas dan di samping menghasilkan tepung ikan, kita dapat mengambil limbahnya berupa minyak ikan dimana minyak ikan itu sendiri mempunyai kandungan vitamin yang dapat menunjang nafsu makan ternak itu sendiri.
     
      Berikut beberapa catatan dan langkah yang harus di perhatikan dalam membuat tepung ikan:
     
  1. Ikan berasal dari ikan rucah atau limbah ikan yang sudah tidak layak konsumsi bagi manusia
  2. ikan terlebih dahulu di cacah agar proses perebusan (steam) dan pengeringan lebih cepat
  3. rebus air di dalam drum atau tempat perebusan (steamer) sampai air mendidih, steamer lebih baik       dibentuk moncong diatasnya seperti kukusan nasi untuk memanaskan ikan dengan asap dari hasil perebusan air dalam drum.
  4. masukan ikan ke tempat rebusan kurang sekitar 15 menit untuk steamer ukuran sedang
  5. Ikan yang telah melalui tahap steam segera di press hingga kadar air dalam ikan berkurang, lalu air hasil pengepressan itu di kumpulkan untuk selanjutnya bisa di olah lagi untuk mendapatkan minyak ikannya.
  6. Ikan yang sudah di press segera di keringkan, proses pengeringan bisa dengan tenaga matahari (sundried) atau bisa juga dengan menggunakan oven.
  7. setelah ikan benar2 kering barulah kita dapat menggilingnya dengan ukuran mesh yang sesuai dengan kebutuhan,
  8. Tepung ikan yang telah blum benar2 kering akan lebih mudah berjamur, simpan tepung ikan di tempat yang kering untuk mencegah belatung juga.
  9. Kandungan kadar protein tergantung pada jenis ikan yang dijadikan sumber pembuatan tepung ikan itu sendiri, namun proses penepungan di atas dapat membantu peningkatan kadar protein tersebut.
      Itu sekilas adalah pengalaman saya pribadi semenjak berkecimpung dalam pembuatan tepung ikan, kritik dan saran senantiasa saya tunggu sebagai sarana pengembangan pribadi dan usaha saya, mohon maaf bila ada kesalahan menulis dalam artikel ini,\

1 komentar:

  1. Menurut saya apa yang disampaikan diatas memang benar. Ada beberapa syarat ikan yang bisa digunakan untuk pakan ternak. Sedangkan cara membuat tepung ikan sendiri saya baca di konsultasipeternakan.blogspot.com
    Kawan-kawan bisa melihatnya disana juga sebagai referensi tambahan.

    Terima Kasih

    BalasHapus